Tips Memilih Sepatu Lari. Jangan Asal Pilih!

Tips Memilih Sepatu Lari

Written by Katadhisty

November 26, 2020

Buat moms yang gemar banget olahraga berlari, memilih sepatu lari untuk menunjang dalam berolahraga memang paling penting.  Tapi, moms mungkin banyak yang memilih sepatu lari dari modelnya saja atau  warnanya menarik. Padahal, pemilihan sepatu lari ini sangat penting lho, moms. Pemilihan sepatu lari yang benar, akan mencegah terjadinya cedera pada kaki seperti lecet dan tentunya memberikan rasa nyaman saat dipakai berlari. 

Nah, biar moms gak salah memilih, berikut ini 4 tips memilih sepatu lari.

Tips Memilih Sepatu Lari

1. Bukan sepatu training

Meskipun sekilas agak mirip dengan sepatu lari, padahal fungsinya berbeda, moms. Sepatu training, dipergunakan untuk olahraga penguatan otot seperti kebugaran atau fitness, senam hingga yoga. Sehingga desainnya lebih kaku dan keras, untuk menyeimbangkan kaki. 

Kalau sepatu lari, dibuat dengan material yang khusus. Sepatu lari menyesuaikan dengan gerakan kaki yang mengarah ke depan. Sehingga bobot dari sepatu lari ini terasa lebih ringan saat digunakan.   

2. Sesuaikan dengan medan berlari

Selanjutnya, pemilihan sepatu lari juga harus diperhatikan nih, moms. Pilih jenis sepatu lari berdasarkan medan atau trek. Kalau moms lebih suka berlari di jalan raya maupun gor, sepatu lari yang dipilih ringan dan fleksibel.

Tapi kalau moms sering berlari di medan alam seperti bukit-bukit, pilih sepatu lari yang ringan namun kuat dengan sol yang anti slip. 

3. Pemilihan ukuran sepatu

Pastinya, pemilihan ukuran sepatu menjadi hal yang penting. Tapi taukah moms, kalau ternyata disarankan memilih ukuran sepatu maksimal satu tingkat di atas ukuran sebenarnya? 

Dalam laman Sport Performance Advantage mencatat, sebaiknya memilih ukuran sepatu lebih besar setengahnya dari ukuran sebenarnya. Dikarenakan pada saat moms berlari, kaki akan melebar dan memanjang akibat dari hentakan. Selain itu, pada sore hari kaki akan terasa lebih mengembang setelah melakukan aktivitas seharian. 

4. Sesuaikan dengan bentuk kaki

Selain ukuran, ternyata bentuk kaki tiap orang berbeda-beda lho, moms. Dalam laman Runners World menyebutkan,  ada tiga bentuk telapak kaki dalam menentukan pemilihan sepatu yaitu, Normal Arch, Low Arch dan Hight Arch. 

Normal Arch adalah telapak dengan bentuk kelengkungan sudut sama, jadi kaki lurus, tidak menekuk ke dalam dan ke luar. Untuk itu, moms membutuhkan sepatu lari semi curved shoes, yaitu sepatu lari dengan sedikit melengkung di bagian tengah.

Untuk bentuk kaki Low Arch, disarankan memilih sepatu lari motion control. Karena bentuk telapak ini, sudut kelengkungan terlihat kecil dan kaki agak menekuk ke luar. Sementara untuk High Arch, disarankan untuk memilih neutral shoes, dengan bantalan kaki di tumit dan di bagian depan. Karena jenis kaki Low Arch, telapak cenderung agak tipis dan kaki menekuk ke dalam. 

Jadi, tips dalam memilih sepatu lari sangat penting ya, moms. Pastinya untuk memberikan kenyamanan saat berlari hingga mencegah terjadinya cedera.

BACA JUGA: Tips Mengatasi Malas Olahraga

You May Also Like…

Kebaikan Kopi untuk Kesehatan

Kebaikan Kopi untuk Kesehatan

Sebagai orang yang peduli terhadap kebugaran, asupan nutrisi jadi perhatian penting. Jangankan jumlah langkah harian,...

0 Comments

Trackbacks/Pingbacks

  1. Elapsed Time Vs Moving Time - Modern Moms Blogs - […] BACA JUGA: Tips Memilih Sepatu Lari. Jangan Asal Pilih! […]
  2. Review Aplikasi Strava untuk Lari - Modern Moms Blogs - […] BACA JUGA: Tips Memilih Sepatu Lari. Jangan Asal Pilih! […]

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected.