Kebaikan Kopi untuk Kesehatan

Kebaikan Kopi

Written by Katadhisty

January 12, 2021

Sebagai orang yang peduli terhadap kebugaran, asupan nutrisi jadi perhatian penting. Jangankan jumlah langkah harian, asupan kalori saja dihitung sedemikian detail untuk mendapatkan tubuh ideal kan? 

Sayangnya, bagi kita para pecinta kopi, beredar kabar simpang siur mengenai efek kopi bagi kesehatan. Padahal kopi sudah menjadi teman setia kita saat bekerja ataupun santai. Daripada pusing mendengar kabar tidak pasti, berikut ini disajikan keterangan ahli mengenai efek dan kebaikan kopi bagi kesehatan. 

 

Kebaikan Kopi

Kopi Minuman Kaya Nutrisi

Dilansir dari situs alodokter, dr. Kevin Adrian menginfokan bahwa kopi murni tanpa susu mengandung antioksidan tinggi dan beberapa nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, seperti vitamin B2, vitamin B5, mangan, kalium, natrium, magnesium, dan vitamin B3. Nutrisi – nutrisi yang terkandung dalam kopi ini menurut studi dapat menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2, kanker, penyakit jantung, penyakit Parkinson, dan gangguan hati. Studi tersebut merupakan hasil dari pengamatan orang – orang yang rutin minum kopi 2-3 cangkir sehari. 

Kopi Bisa Bikin Langsing

Kopi hitam tanpa gula mengandung kalori yang amat rendah. Itu sebabnya menjadi minuman yang bisa mempertahankan bentuk tubuh ideal kita. Selain itu, kafein dalam kopi mampu mempercepat metabolisme dan pembakaran lemak di dalam tubuh. Saat ini penelitian masih terus berlangsung untuk membuktikan lebih lanjut manfaat kopi bagi kesehatan.  

Kopi Baik Untuk Otak 

Penelitian membuktikan kopi memiliki zat antidepresan. Artinya orang yang rutin minum kopi lebih mungkin terhindar dari depresi atau risiko bunuh diri. Selain itu kopi juga meningkatkan daya ingat. Hal itu disebabkan kafein yang terkandung dalam kopi meningkatkan kewaspadaan dan kemampuan memori jangka panjang. Beberapa penelitian lainnya menunjukkan adanya kaitan kafein dengan penyakit neurodegeneratif. Artinya kafein dapat memperlambat proses penurunan fungsi otak akibat penuaan. 

Minum Kopi Berlebihan Cukup Beresiko

Namun teman – teman perlu berhati – hati jika konsumsi kopi harian melebihi batas wajar. Dampaknya bisa sulit tidur, gelisah, nyeri perut, hingga jantung berdebar. 

Kafein dalam kopi sebenarnya dapat menghalangi pelepasan hormon rasa lelah di otak (adenosine). Minum kopi berlebihan akan menyebabkan perasaan gelisah. Membuat teman – teman sulit merasa tenang dan beristirahat. 

Kalau teman – teman punya penyakit asam lambung atau GERD sebaiknya hindari minum kopi secara berlebihan. Kopi hitam memiliki efek pencahar dan merangsang pelepasan asam lambung. Hal ini kemudian akan menyebabkan kita merasakan nyeri di ulu hati. Efek pencahar dari kopi akan membuat kita merasa mulas. Akibatnya sering mengalami diare. International Foundation for Functional Gastrointestinal Disorders menyarankan kita untuk menghentikan konsumsi kopi saat terserang diare.

Secara umum batas aman konsumsi kopi hitam adalah 4 cangkir per hari, dengan kandungan kafein 400 mg. Lebih dari itu bisa menyebabkan jantung berdetak lebih cepat. Jika dirasa kurang pas, teman – teman bisa berkonsultasi ke dokter mengenai jumlah konsumsi kopi harian yang cocok dengan kondisi tubuh.

Kopi memang memiliki efek yang baik untuk kesehatan, tapi jika konsumsi berlebihan akan menyebabkan masalah untuk kebugaran tubuh kita. Tentunya bijak adalah langkah terbaik dalam mengonsumsi kopi. 

Nah, itu dia kebaikan ulasan mengenai kebaikan kopi untuk kesehatan. Jangan sampai program olahraga kita terganggu karena ceroboh mengonsumsi minuman atau makanan yang tidak seimbang ya. Dan, yang terpenting tetap semangat membentuk tubuh bugar dan ideal.

BACA JUGA: Contoh Goals Untuk Memulai Olahraga

You May Also Like…

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected.