Apa Saja Etika Bermain di Playground Anak

Etika di playground anak

Written by Katadhisty

October 16, 2020

Bermain di playground bisa menjadi pilihan yang tepat dan menyenangkan bagi moms dan anak. Playground juga merupakan tempat berkumpulnya anak-anak dan orangtua, sehingga bisa menjadi tempat yang cocok untuk mengajarkan anak dalam bersosialisasi dengan orang lain dan munculnya interaksi diantara mereka nih moms. Tidak hanya itu saja, playground juga dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang membuat anak nyaman bermain, antara lain: perosotan, mandi bola, ayunan, jungkat jungkit dan masih banyak lainnya. Namun yang perlu moms ketahui bahwa dalam bermain di playground diperlukan pengetahuan tentang etika apa saja yang diperlukan agar anak bisa bermain dengan aman dan nyaman.

Nah, di artikel ini mari kita membahas etika apa saja yang perlu diketahui oleh orangtua ketika mengajak anak bermain di playground. Etika apa saja kah itu? Yuk kita bahas bersama-sama.

  1. Bergantian untuk menggunakan fasilitas permainan
  2. Mengikuti aturan yang ada di playground
  3. Ikut menjaga kebersihan area bermain

Etika bermain di pkayground anak

1. Bergantian untuk menggunakan fasilitas permainan

Jika seorang anak belum pernah bermain di playground sebaiknya moms menyampaikan dan mengarahkan kepada anak untuk menggunakan fasilitas bermain bersama-sama atau bergantian. Karena seperti yang kita ketahui bahwa di sebuah playground pasti dipenuhi oleh anak-anak. Dengan moms mengarahkan seperti itu maka anak-anak memiliki kesempatan untuk belajar tentang pentingnya antrian dan bergantian.

Nah, jadi selain bersenang-senang, anak juga bisa sambil belajar bersosialisasi dengan baik, lho. Disini moms sebaiknya memperhatikan keselamatan anak selama bermain, apakah mereka menggunakan permainan dengan benar dan juga mengawasi bila anak mendapatkan kesempatan bermain secara bergantian dengan teman-temannya.

Antrian mengajarkan anak-anak untuk bersabar dan menghargai orang lain, selain itu juga mengajarkan anak untuk berani bersuara ketika antrian mereka dipotong oleh anak lainnya. Kemudian berikan anak batasan waktu untuk bermain dan berkenalan dengan anak lainnya sehinga anak-anak merasa nyaman berada di lokasi bermain.

2. Mengikuti aturan yang ada di playground

Di sebuah playground biasanya selalu dilengkapi dengan peralatan dan fasilitas permainan yang sesuai dengan batas usia anak-anak. Dan untuk menjamin keselamatan dan keamanan anak-anak selama bermain dan beraktivitas, ajarkan anak untuk memilih permainan yang sesuai dengan tahapan usianya. Selain itu sebagai orangtua harus selalu mendampingi dan mengawasi anak-anak ketika bermain agar tidak merugikan diri sendiri maupun orang lain yang berada di playground tersebut.

Baca juga: 5 Perlengkapan Si Kecil Wajib Bawa Saat di Playground

3. Ikut menjaga kebersihan area bermain

Dengan memilih area bermain yang bersih dan memiliki tenaga pengawas yang memadai membuat moms dan anak-anak merasa tenang dan nyaman. Namun terkadang moms juga lupa dan tidak memperhatikan aturan kebersihan yang ada di lokasi bermain, yaitu dengan membawa makanan atau minuman kedalam playground untuk menemani anak-anak bermain.

Nah, Sebagai bentuk tanggung jawab dan ikut menjaga kebersihan sebelum pulang sebaiknya moms membuang makanan atau minuman mereka langsung ke tong sampah. Maka secara tidak langsung anak-anak akan memperhatikan kelakukan orangtua mereka dan akan melakukan hal yang sama. Dengan keadaan yang bersih dan bebas dari sampah tentunya lebih menyenangkan bagi orangtua dan anak-anak untuk bermain.

Nah kita sudah membahas mengenai etika bermain di Playground bagi anak-anak nih moms. Sekarang, dengan kita mengetahui etika bermain di Playground anak maka kita tidak perlu khawatir mengajak anak kita untuk bermain diluar rumah karena sangat membantu mereka untuk tumbuh kembang dan bersosialisasi dengan orang lain.

You May Also Like…

Kebaikan Kopi untuk Kesehatan

Kebaikan Kopi untuk Kesehatan

Sebagai orang yang peduli terhadap kebugaran, asupan nutrisi jadi perhatian penting. Jangankan jumlah langkah harian,...

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected.